Tips Mencegah Malware masuk ke Komputer

Malware

CRONOSAL-Sebelum ane bahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih arti malware itu?

Malware yang merupakan singkatan dari malicious software atau pada istilah sehari - hari, malware sendiri lebih dikenal dengan sebutan virus, yang merupakan sebuah program atau software yang diciptakan sedemikian rupa yang memiliki tujuan untuk menyusup dan "mengganggu" atau bahkan merusak sistem operasi pada suatu perangkat berteknologi tinggi termasuk komputer, dan bahkan smartphone.

Kalau malware ini masuk ke komputer, bisa fatal akibatnya! Mulai dari data duplikat, rusak, hilang, bahkan menghapus semua file di komputer sampai-sampai kita harus instal ulang komputer.

Tak ingin itu terjadi?
Berikut tipsnya!


Gunakan Dan Selalu Update Antivirus
Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali.

Ubah Password Komputer
Malware mungkin sudah tahu password agan. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, dll.

Update Software Teratur
Update Software, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis. Namun kelemahan dari update adalah agan terkadang harus membayar untuk update

Install Dan Aktifkan Firewall
Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer agan. Saat ini juga sudah banyaksistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall. Aktifkan saja.

Gunakan antispyware
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.

Backup file
Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.


Dan tips yang terakhir adalah BERDOA



Sekian



SALAM Blogger

1 komentar

  1. boleh aku sarani nggak, backup data dengan menggunakan google drive

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming