Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar


CRONOSAL-Bagi agan yang menggunakan laptop harus tau trik ini, apalagi jika sering menggunakan baterai. Normalnya baterai laptop bisa bertahan hingga 3 jam jika hanya digunakan untuk membuka aplikasi ringan dan kurang dari 1 jam untuk menjalankan aplikasi berat. Berlaku untuk semua merk laptop seperti: ASUS, TOSHIBA, ACER, LENOVO dan sebagainya.

Jika agan ingin menggunakan baterai laptop dengan maksimal ane punya trik jitu agar baterai laptop bisa tahan lama. Berikut Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar:


1. Jangan Biarkan Baterai Hingga 0%


Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Sebelum baterai habis, charge baterai tersebut sampai penuh 100%. Pengguna laptop dapat melakukan setting laptop mati sebelum baterai kosong di bagian Power Options (Pojok kanan bawah).


2. Atur Power Baterai


Jika ingin baterai lebih awet, ane saranin agan untuk memilih 'Max Battery' pada Power Option (Control Panel). Control Panel\Hardware and Sound\Power Options Pilihan ini akan menghemat penggunaan daya baterai karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal semisal untuk membaca dokumen atau mengecek e-mail. Tetapi sebagai akibatnya dari pilihan Max Battery adalah kecepatan laptop dalam arti performa laptop akan menurun. Untuk tips satu ini sesuai selera agan saja, tergantung pemakaian agan.


3. Hindari Suhu Ekstrim


Baterai laptop sensitif dengan perubahan suhu, maka hindari suhu yang terlalu panas atau dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya. Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak diletakkan di dalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Gunakan cooling pad saat laptop digunakan dalam jangka waktu lama agar baterai tidak panas. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat digunakan. Selain itu, hindari untuk menyimpan laptop di kasur, karpet dan meja kaca karena panas yang dikeluarkan oleh Laptop tidak dapat diserap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.


4. Jangan Terlalu Sering Melepas/Memasang Baterai


Sebaiknya jangan melepaskan baterai walaupun agan merasa akan bekerja lama dengan laptop. Jika agan melepas baterai dan langsung menggunakan listrik, dikhawatirkan apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Apabila ingin menggunakan Laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya menggunakan Colling Pad (kipas pendingin Laptop) sehingga ada sirukulasi dan bisa sedikit meredam panas dari baterai beserta perangkat Laptop.


5. Atur Kecerahan Layar


Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Perlu diketahui bahwa semakin terang layar agan, maka akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Atur brightness layar laptop agan ke posisi yang lebih redup, setidaknya asalkan agan tetap nyaman melihatnya.


6. Kurangi Perangkat Eksternal Yang Tidak Perlu


Kurangi penggunaan device seperti USB Flash Drive dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan, termasuk Wi-Fi dan semua perangkat keras jika tidak terlaku dibutuhkan. Lepas atau non aktifkan jika perangkat eksternal tersebut tidak terpakai. Sebaiknya eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai. Jika tetap terpasang hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop.


7. Kurangi Aktivitas Multimedia


Jangan menonton video atau mendengarkan musik langsung dari DVD/CD, dikarenakan aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya baterai. Jika mau mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau salin video yang ingin ditonton ke dalam hardisk terlebih dahulu baru ditonton. Jika langsung memutar dari CD dan DVD akan membutuhkan daya yang besar bahkan ketika mereka tidak aktif untuk digunakan.


8. Hindari Multitasking


Jangan memberikan perintah berlebihan pada laptop agan. Karena perintah berlebihan akan membuat baterai laptop cepat habis Usahakan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan baterai. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan/dibuka maka akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi. Lakukan proses pada aplikasi yang kita butuhkan saja.


9. Rajinlah Membersihkan Ventilasi


Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer. Ikuti petunjuknya dan pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum dibersihkan. Ini menjaga agar tidak ada penumpukan debu pada ventilasi laptop.


10.Kurangi Beban CPU


Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas dengan bijaksana.



Baca juga:



Sekian



SALAM Blogger

2 komentar

  1. thanks infonya mas, tentang cara merawat bterai laptop dengan benar!
    -keep blogging-

    ReplyDelete
  2. memang benar, terkadang kebanyakan orang suka mengidupkan laptopnya diatas kasur sambil tiduran, karena mereka kurang mengerti akibatnya, sehingga panas pada laptop tidak bisa diserap dan mengakibatkan laptop jadi panas dan mudah rusak.

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming