Andy Android Emulator PC - Pengganti BlueStacks

Andy Android Emulator PC - Pengganti BlueStacks

CRONOSAL-Baik platform PC maupun Android telah dirancang untuk kebutuhan yang disesuaikan. Komputer Desktop memiliki kemampuan dan kecepatan yang lebih tinggi dibanding ponsel Android, akan tetapi ada beberapa program berupa aplikasi atau game yang eksklusif hanya untuk Android. Hal ini membuat pengguna PC penasaran untuk menjajal sensasi Android tanpa harus membeli ponselnya terlebih dahulu.

Menjawab masalah ini, pengembang software banyak berlomba-lomba menciptakan emulator Android yang dapat dijalankan dengan baik di komputer Desktop. Dengan emulator tersebut, komputer dapat memasang program Android beserta sistem operasinya. Salah satu yang paling terkenal adalah BlueStacks.

Bluestacks memang dapat dijalankan dengan baik, tetapi Andy Android Emulator berjalan jauh lebih baik. Berikut perbandingannya:

Andy Android Emulator PC - Pengganti BlueStacks

Dari perbandingan tersebut terlihat bahwa Andy memiliki banyak fitur dibanding BlueStacks dan YouWave. Sementara ini Andy masih menggunakan Android 4.2 Jelly Bean, namun pihak developernya berjanji akan segera mengupdatenya agar memiliki fitur dari Android 4.4 KitKat. Andy juga terintegrasi dengan baik ketika digunakan menggunakan komputer maupun laptop.

Andy Android Emulator PC - Pengganti BlueStacks
First look

Andy Android Emulator PC - Pengganti BlueStacks
Android browser
Tidak perlu pengaturan khusus. Saat diinstall Andy akan otomatis menyesuaikan pengaturan pada emulator dengan komputer. Andy dapat didownload gratis akan tetapi komputer berspesifikasi rendah tidak disarankan untuk menginstall Andy.

Download Andy Emulator PC

Andy Android Emulator PC - Pengganti BlueStacks

Komputer memang tidak memiliki motion sensor tetapi Andy dapat menghubungkan ponsel Android ke komputer yang sudah terinstall Andy. Dengan aplikasi ini sobat dapat merasakan sensasi tablet Android gratis dan mudah. Pastikan untuk selalu terhubung ke internet karena akan ada pembaharuan yang berlangsung sewaktu-waktu.

Pengalaman saya menggunakan Andy dan BlueStacks terdapat perbedaan yang dapat dirasakan. Bluestack memiliki ukuran yang besar, proses pemasangan yang lama, dan sangat membebani CPU. Andy lebih mudah dipasang, ukurannya lebih kecil, dan tidak membebani CPU. Berikut ini video tentang Andy dan BlueStacks:


Jelas terlihat dari hampir semua sisi, Andy cocok sebagai pengganti BlueStack. Ukuran installer Andy juga tergolong kecil yakni sekitar 500 KB namun proses instalasi dilakukan secara online dan menggunakan metode download. Jadi total ukuran yang harus didownload adalah 500 MB. tenang saja karena proses download Andy terbilang cepat untuk ukuran installer.

BARU: Windroye: Emulator Android Paling Ringan


71 komentar

  1. (TANYA) , spek pc ane lumayan buat maen game" berat , tapi kok ngegame di Andy gk bisa (blank doank pask buka game) , kira" apa y solusinya , trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja game Android tersebut juga belum bisa menyesuaikan dengan PC agan. Perlu diketahui bahwa Andy masih dalam tahap pengembangan, jadi mungkin masih ada error dan bug selama dipakai :)

      Delete
  2. bolehlahh di coba nihh

    ReplyDelete
  3. game Lets Get Rich sma CoC udah bisa run di Andy g gan??

    ReplyDelete
  4. Klo boleh tau spek komp nya harus yg gmna?
    Agat lancar pasang Andynya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada penjelasan resmi. Tetapi sebaiknya punya RAM sebesar 4 GB

      Delete
  5. Apakah Saat Pertama Dibuka Harus Menghubungkan Lewat Jaringan WIFI ?
    Saya Mengalami Hal Itu
    Lalu Apakah Nanti Bisa Online Menggunakan Jaringan Dari Usb Modem ?
    Mohon Pencerahannya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sudah otomatis sob, ketika komputer terhubung ke internet, Emulator juga terhubung

      Delete
  6. Has stopped working terus bro...pencerahannya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spesifikasi komputer sobat seperti apa?
      Kalau terlalu rendah bisa menyebabkan CPU overload

      Delete
  7. Saya Menggunakan BlueStacks, Memang Otomatis Mas.
    Begitu Pula Untuk YouWave Android.
    Tapi Pada Kasus Saya, Andy Dan GenyMotion Harus Terhubung Via Wifi, Atau Ethernet ( Lan Card )
    Saya Matikan Fitur Wifi, Tidak Terhubung Kejaringan.

    Mas Sendiri Koneksi Menggunakan Apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai Andy dengan koneksi Wifi di komputer, terbukti langsung bisa akses ke internet. Pengaturannya mungkin ada di android, tapi saya kurang tahu karena saya sendiri gak pakai android (ponsel) :D

      Delete
    2. mas saya pake wifi di rumah teman bisa tapi saya pake modem di rumah kok tidak bisa, mohon solusinya?

      Delete
    3. Maaf gan, saya kurang mengetahui masalah ini. Tetapi disini, saya menggunakan Wifi bisa langsung terhubung. Jika boleh memberi saran, gunakan Windroye :)
      http://cronosal.blogspot.com/2015/04/windroye-emulator-android-paling-ringan.html

      Delete
  8. dan saya mau tanya, knpa pas saya jalankan aplikasi andy keluar terus tulisan error "unable to launch VM process : cannot load R3 module.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang salah pada virtualbox, cek solusinya di https://www.virtualbox.org/ticket/13187 atau video https://www.youtube.com/watch?v=yJY8lEkQNPs

      Delete
  9. gan saya mau tanya nih pada saat saya udah selesai download andy trus saya mau install kok gak respon ya
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di Task Manager apakah program installer sudah berjalan atau belum. Beberapa kemungkinan ini bisa saja terjadi:
      1. Antivirus memblokir program
      2. Komputer berjalan lambat
      3. Cacat pada installer karena proses download yang tidak sempurna

      Delete
  10. gan nanya nih, apakah andy juga autoupdate/autodownload sama kaya bluestacks ?

    ReplyDelete
  11. Gan kalo di andy android emulator saya ada bacaan unable to launch VM process : the virtual andy machine'andy' has terminated ,,, blablabla . itu gimana caranya bisa bisa konek gan?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya tidak tahu solusinya, mungkin bisa sobat tanyakan di grup Andy https://www.facebook.com/groups/AndySupport/

      Delete
  12. om, ni andy bisa diajak bbm'an kaga?

    ReplyDelete
  13. kok gak work di laptop ane ya gan, sukses intallation tp kok bisa dibuka ..

    solusinya gmn ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat buka darimana? Jangan buka dari virtualbox

      Delete
  14. Gan, gimana cara akses ke Komputernya? Misalnya saya mau uploads foto dari Pc itu bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Windroye tidak terintegerasi dengan PC, sepertinya untuk cara tersebut bisa sobat lakukan dengan manual. Upload via PC kemudian download melalui Windroye

      Delete
  15. gak bisa terhubung ke internet, gak bagus berarti. ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tapi selama ini saya pakai, Andy otomatis terhubung. Kecuali kalau PC pakai internet hasil inject (ilegal)

      Delete
  16. gan kok lama banget sih download nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kecepatan internet sobat :D

      Delete
  17. setelah teristall ko ga bisa dibuka gan? tulisan nya error terus, mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon jelaskan peringatan error seperti apa, baru bisa diketahui penyebab dan mudah mencari solusinya :)

      Delete
  18. kalo ram 2 GB bakal lemot ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi kalau mau yang lebih ringan lagi pakai Windroye, disitu saya sudah berikan linknya :)

      terimakasih sudah berkomentar!

      Delete
  19. kenapa andy saya sudah selesai diinstal dan download game data,,pasbaru buka andy nya,ada tulisan start andy terus hilang jadi gak dapat terbuka andy nya ......mohon solusinya gan..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andy berjalan di system tray, coba cek kembali system tray sobat

      Delete
  20. gimana cara mengecek system tray gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Windows, terletak di bagian pojok kanan Task bar. Ditandai dengan icon panah menghadap ke atas atau samping

      Delete
  21. sudah di coba gan tetap saja...start andy lalu hilang sendirinya jadi gak dapat di buka dech...gimana nih solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus seperti itu pernah dialami user yang spesifikasi PCnya terlalu rendah. Namun saya gak bisa pastikan itu adalah penyebab mutlak masalah sobat, coba tulis keterangan lengkapnya :)

      Delete
  22. Gan Spesifikasi Laptop ane Ramnya 2GB bisa gak ya kira-kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. RAM 2GB agak "ngos-ngosan" sebenarnya

      Disarankan pakai Windroye: http://cronosal.blogspot.com/2015/04/windroye-emulator-android-paling-ringan.html

      Delete
  23. gan Andy Android punya Key Mapping kayak bluestacks gk?

    ReplyDelete
  24. gan ini gmn yaa kok udah berhasil di extract eh pas mau di instal malah ada pemberitahuan seperti ini " gan this package will run a program to determine if the software from a trusted source . if you are not sure about this software source, click cancel to stop the program and instllation " knp yah gan, mohon infonya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada salah satu komponen Andy yang memasuki sistem Windows, kalau gak salah komponen itu adalah emulatornya. Nah, Windows "gak terima" dengan keberadaan emulator tersebut jadi menganggapnya tidak terpercaya.

      Bisa agan skip, bisa juga cancel

      Delete
  25. maaf...untuk game Lets Get Rich nya masih tetep ngelag ya....
    mungkin ada yg pnya solusi untuk game Lets Get Rich biar lancar jaya di emulator..???
    terimakasih...............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya, coba sobat lampirkan spesifikasi lengkap komputer :)

      Delete
  26. gan,, maaf maksud hardware control nya gak bisa itu maksudnya touchscreen..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, hardware control touchscreen dikonversi dengan klik mouse

      Delete
  27. Gan, bluestack ada pilihan bayar atau download app tertentu supaya bisa terus pakainya. Apakah di Andy juga sprti itu.? Makasih sblmnya gan.. Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andy tidak seperti itu, Andy 100% gratis!

      Delete
  28. Bisa sebutkan apa spesifikasi hardware sobat? :)
    Bisa jadi ini karena keterbatasan kemampuan hardware!

    ReplyDelete
  29. gan saya udh coba berkali kali instal windroye karena spek laptop saya kurang dari 2.00 bla bla lupa, apakah andy juga sama bagi spek rendah?

    ReplyDelete
  30. min,koq pas saya buka game android di andy kaga bisa yah? padahal gamenya ga terlalu berat dan juga ram leppy saya 4gb, spek lumayan, tpi pas mau buka Criminal Case ama Ellie- Help me out, please ama fnaf gabisa. mohon bantuannya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa kenapa dulu ._.
      disitu muncul pesan apa pas game dijalankan/instal?

      Delete
  31. gan ko gax bisa saat aku buka andy "the program is cancel"
    mohon solusinya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane ga bisa jelasin secara spesifik mengingat permasalahan itu jarang ditemui, tapi mungkin video ini bisa membantu https://www.youtube.com/watch?v=BIusqAnokf8

      Delete
  32. Password nya apa gan ?? pas d extract file nya malah diminta masukkin password ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ga butuh password. Tapi kalau diminta, tulis aja cronosal.blogspot.com

      Delete
  33. Mohon bantuannya agan-agan. Saya sudah instal Andy di MAC OS X dan berhasil. Sdh instal game Sniper, namun saya hanya bisa menggunakan mouse saja untuk bermain gamenya. Mohon perncerahannya agar saya bisa menggunakan Keyboard juga dalam bermain game sniper. Trimakasih Agan-Agan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu permasalahan pada Andy sendiri. Hanya developer Andy yang bisa selesain. Memang emulator tidak menyajikan input yang sesuai seperti PC.

      Delete
  34. Bro, saya sudah install andy tapi pas di buka aplikasinya hanya muncul tulisan 'starting andy' lalu hilang tanpa ada aplikasi apapun yang terbuka. mohon bantuannya

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming