Windroye: Emulator Android Paling Ringan

Windroye: Emulator Android Paling Ringan

CRONOSAL-Dahulu adalah hal yang sangat mustahil untuk dapat menjalankan sebuah aplikasi atau program Android pada komputer desktop (PC). Menjawab keinginan tersebut maka hadirlah Bluestacks dengan fungsi "jembatan" antara program Android (APK) dengan komputer. Tidak salah lagi, Bluestacks adalah software jenis emulator.

Performa Bluestacks dinilai kurang bersahabat dengan PC low end. Termasuk saya yang sempat mencicipi Bluestacks, dengan iming-iming sensasi Android luar biasa justru frustasi yang saya dapatkan. Banyak memakan memori dan kurang baik untuk processor adalah alasan saya meninggalkan Bluestacks.

Saya sempat menggunakan Andy, program serupa dengan Bluestacks. Performa dan layanan yang lebih baik namun masih agak berat jika dijalankan. Kemudian baru-baru ini saya menemukan software emulator yang "powerfull" namun ramah terhadap spek PC kualitas rendah(an). Namanya adalah Windroye.

Seberapa ringan Windroye?

Jika saya analogikan Bluestacks, Andy, dan Windroye sebagai kendaraan. Maka saya dapatkan hasil seperti pada gambar berikut:

Windroye: Emulator Android Paling Ringan

Mungkin sobat bisa mengerti maksud saya. Windroye saya ibaratkan sebagai sebuah motor balap yang tentu lebih cepat dan lebih ringan dibanding truk atau mobil. Di sisi lain motor balap juga memiliki fleksibilitas tinggi serta hemat konsumsi daya. Seperti itulah analogi saya.

Spesifikasi  yang dibutuhkan Windroye?

Windroye Emulator Android hanya khusus dijalankan pada Windows. Mengenai spesifikasi hardwarenya memang pihak Windroye tidak memberi penjelasan resmi. Akan tetapi menurut perkiraan saya, spesifikasi untuk menjalankan Windroye sebagai berikut (ingat lho, ini cuma perkiraan saya saja):

Windows XP, Vista, 7, dan 8
RAM 2 GB
Processor Intel Pentium IV
HDD Space 300 MB

Komputer saya dapat menjalankan Windroye mulus tanpa lag sedikitpun. Padahal spesifikasinya tergolong standar, berikut detilnya:

Windroye: Emulator Android Paling Ringan


Screenshot

Windroye: Emulator Android Paling Ringan
Multi-tasking ala Android

Windroye: Emulator Android Paling Ringan
Otomatis terhubung dengan internet di komputer

Windroye: Emulator Android Paling Ringan
Google Play Store? Why not!

Windroye: Emulator Android Paling Ringan
BBM Ready!

Windroye: Emulator Android Paling Ringan
Namun terjadi penurunan grafis pada game


Video


Download Windroye Windows

Tidak mengherankan mengapa Windroye begitu ringan, sebab Windroye sama sekali tidak menggunakan VirtualBox seperti yang dilakukan Andy dan Bluestacks. Benar-benar Android tetapi tidak sepenuhnya Android. Windroye menghapus beberapa fitur (tidak penting) yang dinilai memberatkan. Walau demikian saya rasa Windroye cukup optimal dalam menjalankan aplikasi Android, sempat terjadi penurunan grafis pada game Android.

Sudah dapat ditebak bahwa Windroye dibuat oleh pengembang yang berasal dari Tiongkok. Terbukti secara default bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandarin, sobat bisa menggantinya dengan Bahasa Indonesia. Menjawab setiap pertanyaan seputar permasalahan emulator Android yang sangat berat, maka Windroye boleh jadi yang paling ringan saat ini.



101 komentar

  1. Maaf..., . Gan kok ada pesan " Hardware virtualization (cpu) is notsupported. Enabled this can greatly improve the machineperformance. Go to bios to enable hardware virtualization "
    gmana itu solusinya,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, disitu kan sudah jelas masalahnya dimana :D
      Processor tidak didukung, solusinya ganti processor

      Delete
    2. wahhh ngaco nih chritian itu bukan masalah processor itu masalah settingan BIOS nya hadehhh -__-"

      Delete
    3. Oh iya maaf, memang benar pengaturan BIOSnya yang gak compatible dengan Windroye. Thanks for correction :)

      Delete
    4. bukannya g compatible...
      itu dsuruh aktifin bios virtual nya.

      masuk ke setingan bios, ceklis virtualnya.
      clear!

      Delete
    5. Pakai windows 7 nanti kompatible kok, kalo windows 8 emang gitu. Aku udah coba soalnya. Pas pake windows 8 muncul tu pesan hardware virtualization tapi pas pake windows 7 nggk muncul langsung jalan. Di dualboot aja

      Delete
    6. ane win 7 tapi ttp nih gan

      Delete
  2. Mas kok punya ku gk ada Play Store ya :'v dan cara install bbm juga gimana :'v ?

    ReplyDelete
  3. Kok punya saya, sama mas Dwi beda ya :'v Tampilan nya :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin update terbaru :v
      Ane gak pernah update soalnya ._.

      Delete
  4. Gan, Internetnya kok bisa otomatis konek ya?
    Kalau di PC pakai proxy untuk akses Internet, apakah jadi ga bisa akses Internet di Windroye ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Windroye memang otomatis connect kalau komputer sudah terhubung ke internet. Hmm mengenai hal itu saya sendiri belum mencobanya, tetapi saya rasa bisa!

      Delete
  5. Hardware virtualization (cpu) is notsupported. Enabled this can greatly improve the machine performance. Go to bios to enable hardware virtualization "...ini masalahnya bukan di prosesornya gan, tapi di settingan BIOSnya. Masuk ke menu bios, cari dan beri tanda centang(enable) Hardware virtualization...maaf gan hanya sekedar berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas bantuannya

      Delete
    2. Masuk ke menu biosnya gimana gan?

      Delete
    3. Tergantung gan, biasanya antara F1 sampai F12

      lihat saja tulisan ketika booting

      Delete
  6. Windroye yang terbaru udah versi 2.8 mas,ini yang mas posting udah versi lama,di versi yang baru banyak amat spek tingginya,salah satunya harus punya Open GL 2.0 , dan ini agak susah didapat bagian sebagian komputer spek rendah , sekedar pengalaman mas,kalo bisa update dong windroye nya

    backlink : www.newbietechnoo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sudah melalui link resmi, jadi pasti update ^_^

      Delete
  7. opengl version must be 2.0 above

    ReplyDelete
  8. gan , kenapa ane maen getrich kok patah" ya
    apa gara"ram 2gb
    #solusi gan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar saja, memori termakan banyak saat memainkan Getrich

      Delete
  9. di tempat saya pakai windows XP gak bisa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, seharusnya bisa gan. Pastikan spesifikasi komputer sudah memenuhi syarat

      Delete
  10. gan ane pake ssh untuk akses internet,windroye apa tetep bisa konek kalo pake ssh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa, mungkin juga tidak. Saya belum pernah menjajalnya dengan SSH

      kalau agan mau coba, jangan lupa share pengalamannya ya :D

      Delete
  11. gan pake core i3 bisa kagak? ane ram 2gb processor intel core i3

    ReplyDelete
  12. Gan, ga bisa install BBM dgn keterangan berbeda versi, ada solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dari Playstore gan, coba download dari direct link (web lain)

      Delete
  13. GAN kok ane maen get rich masih lag

    Intel celeron n2920 Ram 4GB Windows 8.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Processornya nggak kuat gan, Windroye udah cukup makan processor, apalagi sampai main Get Rich :3

      Delete
    2. ciee asus x200ma ya??? sama donk . prosesornya bro enggak kuat kan celeron

      Delete
  14. gan processor ane Intel Core 2 Duo dan RAM 2GB itu dah cukup ya buat buka windroye ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup gan, asalkan tidak ada program lain yang memberatkan RAM :)

      Delete
  15. gan knp windroy di ane lm gk msuk2 cmn ad bacaan android terus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus yang sering terjadi karena:
      - HDD yang 'kelelahan'
      - RAM kurang memadai
      - CPU usage terlalu tinggi
      - Crash dengan program lain

      Coba restart komputer lalu jalankan Windroye

      Delete
  16. gan kalo klo spek intel core i3 , ram 1gb bisa gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Processor OK, tapi RAM kurang enak

      minimal 2 GB gan, kalau 1 GB, gak bisa banyak aplikasi dijalankan

      Delete
  17. gan mau tanya ni windroyeku error n ada tulisan sperti d bawa

    Failed to obtain IP. please try close it and restart it again.
    This occurs because of the low performance of the machine (maybe BIOS hardware virtualization is not enable or does not support).
    Hardware virtualization information is as follow:
    Hardware virtualization: enabled

    padalah sbelum tak instal ulang laptopku windroyenya bisa d jalankan gan, nah tak instal ulang malah muncul kyak d atas tu gan. mohon infonya gan, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya... sistem tidak mendukung untuk menjalankan Windroye

      Delete
    2. sama, 2.7.8c, tapi, pakai 2.9 bisa, tapi play storenya tidakbisa

      Delete
    3. Entah kenapa dari dulu yang pakai AMD suka bermasalah saat install Windroye

      Mungkin coba pakai alternatif NOX aja ya

      Delete
  18. punya netbook intel atom mah pasrah aja dah

    ReplyDelete
  19. mas kok ada kata "The procedure entry point getTIckCount64 could not located in Dynamic Library KERNEL32.dll " terus pakek win xp ram 2gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang di WinXP juga menemui masalah seperti itu, namun tak selalu.
      Bisa tulis spesifikasi lengkapnya?

      Delete
    2. ram 2 gb, prosesor dual core, win xp prof 32 bit.

      Delete
  20. mas ada bacaan ini terus " the procedure entry point gettickcount64 could not located in dynamic library kernel32.dll " saya pakek win xp ram 2gb , minta solusinya mas ?

    ReplyDelete
  21. saat membuka bbm di windroye hanya muncul loga bbm dan layar birunya.stelah itu hilang begitu aja menjadi blank screen. solusi?

    ReplyDelete
  22. gak kok di peci ane lola amat yah? apa pengaruhnya ? :bingung

    Kunbal juga gan :: https://goo.gl/WUUkrU

    thanks softwarenya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Windroye makan RAM sampai 1GB gan :v
      Malah bisa lebih tergantung sedang membuka program apa

      Delete
  23. punya ane kok windroye stopped working mulu itu gi mana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan pada Windroye kemudian klik Troubleshoot Compability. Klik Next lalu klik Yes,These settings for this program.

      Delete
  24. mas kok ngga ada suara yg kedengaran klo main game ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba atur volume suara yang ada pada bagian kanan bawah Windroye.

      Atau masuk ke pengaturan volume di komputer (Mixer) kemudian pastikan bahwa Windroye memiliki akses suara

      Delete
  25. kenapa ga bisa masukin email yak gan? gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin email? Seharusnya bisa selama terhubung ke internet

      Delete
  26. Kenapa saya tidak bisa Login COC ya ? selalu ada pesan "terhenti mulu setiap mau login" pake akun lain pun sama :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba reinstal Windroye, jika tidak bisa mungkin ada masalah pada hardware seperti spesifikasi yang kurang mumpuni

      Delete
  27. sepertinya semua emulator android sudah tidak bisa menggunakan layanan akun google ya mas, udah install bluestack dan windroye tak ada satupun yang bisa bikin akun. sepertinya emulator dianggap melanggar tos google. cmiiw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai hingga saat ini masih normal kok :)

      Delete
  28. mas.... kenapa begitu dibuka windroyenya "windroye fixed error, please restart....."?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan pada Windroye kemudian klik Troubleshoot Compability. Klik Next lalu klik Yes,These settings for this program.

      Delete
  29. Ane make emulator ini tiap hari buat main game coc...tiba2 muncul keterangan disk low...pas ane cek disk drive c: komputer ane cuma sisa 750kb..pas diselidiki ternyata file sdcard.vdi dari emulator ini membengkak jadi 30gb buseeet...gmn cara ngecilinnya? padahal cuma dipake main coc doank kok bisa ampe ngabisin ruang segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kayaknya file cache banyak banget gan :v
      coba bersihin file junk tersebut pakai aplikasi CCleaner

      Delete
  30. ada kah cara untuk mengurangi besar file pada sdcard.vdi .... ?

    ReplyDelete
  31. permasalahan ane sama ne gan sdcard vdi nya cpt membengkak, udah cba pake cc cleaner gak ngaruh , ane cba unistal windroye trus instal lagi baru bisa kembali normal kapasitas drie C kembali normal,tpi sayang pas windroyenya dimainin lgi pling nggak sampai 5 hari kapasitas drive C nya penuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tergantung Windroye agan dipakai untuk apa aja, itu berpengaruh terhadap kapasitas penyimpanan.

      Delete
  32. Sama gan kaya saya kasusnya, drive C penuh mulu, padahal dulu2 juga main COC ga pernah nyedot memori.. Ini musti reinstall trs, cadangin apk COC, google play game & layanan google play biar ga capek unduh tiap resinstall. Versi yg saya pakai v2.8.2 udah coba versi terbaru v2.9.0 tapi malah berat dan susah utk sinkronin email google. Ini masalahnya musti diselidikin nih..

    Share juga buat yg susah login email di windroye, buka pengaturan ---> Apl ---> cari layanan google play klik kelola ruang trs hapus data, masih dipengaturan buka akun google yg login krn gagal singkron (tandanya warna merah) klik ujung kanan dan pilih singkronisasi sekarang, tunggu sampai selesai singkron (tandanya warna hijau). Ini sama jika pas login gagal lakukan di point pertama

    Buat yg main COC di windroye harus update Layanan google play ke versi terbaru ini biasanya bikin lelet banget, solusinya tetap unduh google play game versi terbaru (utk login akun COC kita) setelah berhasil load vilage, lalu hapus pembaharuan Layanan google play di pengaturan ---> Apl ---> kembalikan ke versi pabrik

    ReplyDelete
  33. gan knp windroye di ane suka ad tulisan windroye an fixed error please restart
    tolong pencerahannya gan

    ReplyDelete
  34. gan gw kok gak bisa login akun google di android ya?

    ReplyDelete
  35. gan cara buka bios nya gimana gan ane pake processor AMD?*pliss jawab gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap komputer berbeda cara menuju BIOS-nya. Ada yang tekan Dell, F12, Esc, dan sebagainya

      Tapi bisa diketahui saat komputer menyala, ada tulisan di bagian bawah atau atas

      Delete
  36. " Hardware virtualization (cpu) is notsupported. Enabled this can greatly improve the machineperformance. Go to bios to enable hardware virtualization "
    Bagaimana mengatasinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di BIOS gan, terus enable hardware virtualization

      Delete
  37. ane dah unable virtual nya dan goblok nya si windroye masih nyuruh unable gobblok dah :v

    ReplyDelete
  38. gan kok ane ga bisa masuk account google ya, padahal jaringan internetnya ada kok???...mohon bantuannya ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba akses situs lain buat sekedar test koneksi internet. Nah, perihal ga bisa login ke Google, pastikan email dan password sudah benar :)

      Delete
  39. Gan cara backup data aplikasi windroye gimana? Buat jaga2 kalau sewaktu2 instal ulang biar gak download data lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, backup data tersimpan di C:\ProgramData\Windroye

      Delete
  40. tempat penyimpanannya dimana ya mas? di music ga kedetek,,ane mau post di ig juga "no file available"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake aplikasi file explorer aja biar bisa kelacak semua, Windroye ga bisa pakai explorer bawaan

      Delete
    2. Ini gmana ya gan kok pas di download ada bacaan windroye fixed an error, please restart. Padahal udah di unins terus di pasang lagi tetep aja kaya gitu.

      Delete
    3. Gan permisi, gue punya permasalah di windroye pas di buka ada tulisan fixed An error, please restart! Tapi udah di uninstall terus di pasang lagi tetep kaya gitu. Gimana ya

      Delete
  41. jadi admin harus bisa jawab ya? saya binung ini setelah masuk bios apa langkah selanjutnya, oiya saya pake laptop HP pavilion g series

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh no :(

      Tiap komputer BIOSnya berbeda :(

      Delete
  42. gan kenapa yaa pas launch ada tulisan "windroye fixed an error, please restart" saya udah ikutin yg dikasih agan diatas setelah yes, these setting this program issue foundnya "incompatible application" detected pas saya buka tetep ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reinstall, saya juga pernah punya masalah serupa

      Delete
  43. kenapa pas mau masuk ke google play selalu ada tulisan gagal tersambung ke server bla bla bla..android anda tidak dapat mengakses layanan data...ga bisa masuk deh akhirnya...solution??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan internet terhubung

      Kalau ga bisa juga, reinstall aja :)

      Delete
  44. support sama keyboard dn mouse ga ini gan ?

    ReplyDelete
  45. gan mau nanya, saya pake laptop acer, pas buka windroye katanya layanan google terhenti, jadi gak bisa sinkron email deh, pliss bantuannya gan

    ReplyDelete
  46. download file website invalid... help

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming