Cara Mengganti Thermal Paste Processor

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

CRONOSAL-Kali ini saya memberikan tutorial untuk hardware komputer, lebih spesifik lagi mengenai processor. Processor atau sering disebut juga sebagai CPU adalah sebuah chip (IC) yang berfungsi mengontrol seluruh kinerja komputer. Letaknya menempel di socket motherboard dan ukurannya termasuk kecil jika dibandingkan dengan komponen lain semisal RAM.


Processor dapat menghasilkan panas

Semakin berat dan lama bekerja, maka suhu processor akan terus meningkat sebagai konsekuensi atas kinerjanya. Setiap vendor processor memiliki batas maksimal temperatur yang masih diperbolehkan untuk processor. Jika processor terasa cepat panas dan dengan suhu yang tidak sewajarnya, maka salah satu langkah yang wajib sobat ikuti adalah mengganti thermal paste processor.


Apa itu thermal paste processor?

Cara Mengganti Thermal Paste Processor
Seperti cream tapi agak lengket

Thermal paste adalah pasta khusus yang berfungsi menyalurkan panas dari processor ke aluminium (heatsink) agar panas tersebut dapat dinetralisir oleh kipas processor. Semakin baik penghantarnya maka penyaluran panas akan semakin optimal dan dampaknya processor tidak cepat panas. Tentu saja kinerja dapat lebih baik lagi berkat temperatur yang terkendali.


Cara Mengganti Thermal Paste Processor


1. Sebelumnya, cabut kabel komputer dari listrik agar tidak menyetrum saat proses pengganti thermal paste. Buka casing CPU komputer, biasanya diperlukan obeng untuk membuka setiap baut

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

2. Perhatikan heatsink processor, letak processor berada dibawahnya. Sobat harus membuka setiap sekrup di pinggir heatsink. Untuk processor Intel biasanya terdapat 4 sekrup yang bisa dibuka dengan tangan kosong. Cukup putar lalu tarik masing-masing sekrup

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

3. Angkat heatsink secara perlahan kemudian sobat akan melihat processor beserta thermal paste yang lama. Bersihkan thermal paste yang lama menggunakan kain bersih yang sudah diberi sedikit alkohol (bukan minuman alkohol)

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

4. Jangan lupa, bagian bawah heatsink yang menempel pada processor juga harus dibersihkan dari sisa thermal paste lama. Tetap sama, gunakan kain bersih yang sudah diberi alkohol. Jika ada debu yang menempel, sebaiknya dibersihkan juga (gak perlu pakai alkohol)

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

5. Oleskan thermal paste baru di processor. AWAS!! Jangan sampai keluar dari daerah processor karena bisa menyebabkan kerusakan. Cukup tambahkan sedikit di bagian tengah

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

6. Pasang kembali heatsink dengan perlahan sehingga thermal paste yang ada pada processor dapat menempel dengan heatsink

7. Operasikan komputer dan sekarang processor menjadi lebih dingin

Cara Mengganti Thermal Paste Processor


Kapan sebaiknya mengganti thermal paste?

Sebenarnya ini tergantung dari penggunaan sobat. Semakin sering dipakai maka semakin cepat harus diganti. Biasanya berkisar 6-12 bulan diganti sekali. Namun ada juga sebagian yang bisa bertahan hingga 3 tahun. Itu bisa karena kualitas processor, thermal paste yang digunakan, dan total waktu penggunaan. Intinya harus tunggu sampai terasa lebih panas barulah sobat mendapat sinyal untuk mengganti thermal paste.


Merk thermal paste yang bagus?

Cara Mengganti Thermal Paste Processor
DeepCool Z3 salah satu yang saya gunakan, harga sekitar Rp 35.000
Ada puluhan merk thermal paste yang tersebar di dunia ini. Saya tidak tahu banyak, tetapi DeepCool, Cooler Master, Arctic, dan Noctua adalah beberapa yang memiliki reputasi baik. Berbanding lurus dengan kualitasnya, harga ke-4 merk brand tersebut agak mahal. Berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 90.000. Biasanya bisa dipakai hingga 5 kali pemakaian.

Tak banyak yang bisa saya jelaskan disini, mungkin lain kali akan saya bahas lebih detil lagi. Cukup itu saja dan semoga membantu!

Cara Mudah Mendinginkan CPU Komputer dan Laptop


5 komentar

  1. min, request cara memasang dua kolom komentar disqus dan blogger dong min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Just read it
      http://cronosal.blogspot.com/2015/03/cara-memasang-komentar-disqus-di-blog.html

      Delete
  2. Mantab gan informasinya sangat membantu
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop, dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

    ReplyDelete
  3. terima kasih, artikelnya sangat membantu..
    cek artikel serupa di :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming