10 Alamat Web yang Harus Diketahui Pengguna Google


CRONOSAL-Sangat lucu jika kita membicarakan brand raksasa internet jika tidak menyertakan Google ke dalam daftarnya.

Google punya sekian banyak inovasi dan produk ampuh mereka untuk menggaet banyak user di seluruh dunia. Berawal dari search engine dan merambah ke dunia antariksa? Saat ini hanya Google yang bisa melakukannya.

Well, Google punya banyak fitur yang bisa jadi sudah sobat gunakan.

Entah itu Gmail, Youtube, Blogger, Google Drive, Google+, hingga mode software seperti Google Earth.

Menariknya? Ada beberapa alamat web khusus yang berfungsi untuk memudahkan pengguna Google.

Tidak sekedar memudahkan, bahkan ada juga yang bisa menyelamatkan keamanan akun. Ingin tahu? Siap-siap bookmark halaman ini (adaptasi dari Labnol)!


10 Alamat Web yang Harus Diketahui Pengguna Google



1. Lihat semua aktivitas login

Google merekam semua aktivitas pengetikan username dan password di perangkat manapun yang sobat gunakan. Data tersebut tidak serta merta hilang, tetapi disimpan untuk mengetahui rekam jejak pengguna ketika mengisikan password. Disertai juga perangkat, sistem operasi, browser, waktu, hingga alamat IP dimana sobat masuk ke Google.

https://passwords.google.com


2. Mengontrol iklan Adsense apa saja yang ingin dilihat


Di ranah internet ini pasti sudah familiar dengan tampilan iklan Google Adsense. Selain karena membawa brand "Google", relevansi iklan juga membuat pengguna nyaman menggunakannya. Namun tidak selamanya 100% relevan, terkadang iklan "itu" juga bisa dilihat oleh pengguna yang belum cukup umur. So, segera atur preferensi iklan yang sesuai dengan diri sobat!

https://www.google.com/ads/preferences/


3. Backup semua data kamu sebelum semua sirna!

Bagaikan ekosistem yang semuanya saling ketergantungan, Google memberi kesempatan kepada setiap penggunanya untuk mem-backup atau mengarsipkan data yang pernah dibuat. Seperti foto, video, blog, dan sebagainya.

https://www.google.com/takeout


4. Mau melaporkan situs? Baca dulu rambu-rambunya!

Trend "Peringatan DMCA" sering cukup melekat pada Blogger, Youtube, dan Adsense karena ketiga raksasa tersebut paling sensitif dengan konten ilegal atau melanggar hak cipta. Sobat bisa melaporkan situs-situs ekstrim seperti perjudian, pornografi, pembajakan, hingga konten yang mengandung banyak gore.

https://support.google.com/legal


5. Ponsel Android hilang? Bisa cek disini lokasinya

Perangkat Android yang telah terverifikasi (sudah login ke Google) akan terus memberikan informasi ke server Google mengenai lokasi terbarunya. Informasi ini bisa sobat akses kembali untuk mengetahui lokasi ponsel Android secara real-time. Namun syaratnya Android harus dalam kondisi aktif dan terhubung ke internet.

https://maps.google.com/locationhistory


6. Daftar ke produk Google tanpa Gmail

Kita tahu Google punya kebijakan "buy A get B" yang agak menjengkelkan banyak orang. Saya cuma mau akun Youtube, kok harus pakai Gmail? Ada cara lain dimana sobat bisa menggunakan email lain untuk terhubung ke media Google.

https://accounts.google.com/SignUpWithoutGmail


7. Google memantau aktivitasmu

Google merekam setiap aktivitas sobat demi bisa melakukan sinkronasi akun dengan pengguna. Fitur pintar ini dapat mengatur bagaimana kebiasaan penggunanya dan memprediksi apa yang diperlukan penggunanya (keren kan?), termasuk situs apa saja yang sobat buka? Oh no!!

https://history.google.com


8. Pengingat program "wajib login"

Setidaknya 9 bulan sekali, sobat harus masuk ke akun Google jika tidak ingin akun tersebut masuk daftar antrian penghapusan. Jika memiliki banyak akun Google, sebaiknya gunakan akun utama yang menjadi media Google untuk memberitahukan bahwa sobat harus login di akun tertentu.

https://www.google.com/settings/account/inactive


9. Waspadai aktivitas mencurigakan di akun

Bahaya peretasan (hacking) masih menghantui semua pengguna internet. Bisa saja ada pihak yang menggunakan akun sobat untuk kepentingan pribadi, dan jelas merugikan pihak lain. Google sudah mengantisipasi hal ini dengan memantau semua aktivitas login secara detil beserta protokol pengamanan akun jika terjadi aktivitas mencurigakan.

https://security.google.com/settings/security/activity


10. Atur aplikasi apa saja yang terhubung ke akun

Layaknya Facebook, Google juga terintegerasi dengan ribuan aplikasi yang menunjang pengalaman penggunaan yang lebih banyak lagi. Tidak selamanya aplikasi tersebut aman, mungkin juga ada aplikasi yang ingin dicopot keberadaannya dari akun. Sobat bisa atur semua aplikasi yang terhubung ke akun Google.

https://security.google.com/settings/security/permissions


Setidaknya 10 URL di atas bisa membantu atau menyelamatkan akun Google sobat. Jika diperlukan, sobat buat daftarnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Bagaimana jika alamatnya berubah?

Biasanya jika berubah, alamat lama tetap aktif namun dialihkan ke yang baru. Jadi bisa dibilang alamat tersebut bersifat permanen.

Oh ya, beberapa halaman bersifat sensitif terhadap keamanan akun, untuk itulah harus memasukan password kembali.

By the way, I have many good posts about Google:

Here, take the bonus!

10 Alamat Web yang Harus Diketahui Pengguna Google

2 komentar

  1. haha gw penikmat smua produk google dan tentu make . keep.google.com youtube.com gmail.com blogger.com contact google . play.google.com dll . emang keren dah google .
    walau ada kelemahannya yaitu menyadap dengan mudah tpi itu no problem .
    krna gw org biasa apa yg mau disadap wkwk .

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming